Dany

Dany

Perekayasa cupu yang senang berbagi ilmu dan teknologi.

Beasiswa KOICA, Apa Itu? Bagaimana Prosesnya?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

24 Agustus 2021 adalah hari dimana saya melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kalinya, tidak hanya 1-2 minggu tetapi hingga 1 tahun lebih lamanya. Saya mendapatkan beasiswa pendidikan untuk melanjutkan S-2 dari KOICA. Awal mulanya adalah mimpi saya ingin bisa bersekolah di luar negeri dengan beasiswa. Pencarian beasiswa pun dimulai sejak tahun 2019, dari beasiswa Kominfo yang pada saat itu membuka untuk jalur S-2 ke India hingga mencoba mengirim email ke beberapa professor di luar negeri untuk mencari kesempatan beasiswa melalui Lab. Pertama, tahun 2019 saya mencoba kesempatan beasiswa Kominfo dengan program studi Master of Science Digital Society pada kampus III-T Bangalore India. Pada saat itu saya gagal untuk maju ke tahap berikutnya setelah melewati seleksi administrasi. Di tahun berikutnya saya tidak pantang menyerah, saya mencoba email ke beberapa professor di Jepang dan Korea dengan mengirimkan CV. Hasilnya tidak ada jawaban sama sekali dari email tersebut. Pada akhir tahun 2020, saya mencoba mencari tahu tentang Beasiswa KOICA yang dikhususkan untuk Pegawai Negeri Sipil. Berbekal informasi yang saya dapat saat mengikuti Seminar di Jakarta mengenai Beasiswa KOICA, saya persiapkan diri untuk mendaftar di tahun 2021. Referensi mengenai Beasiswa KOICA, kalian bisa baca juga dari beberapa tulisan Senior ataupun Alumni dari Lulusan Beasiswa KOICA berikut ini:
http://pangeranbelendung.blogspot.com/
http://mcfirmansyah.blogspot.com/2019/11/beasiswa-koica-beasiswa-ke-korea_24.html
http://www.ymis.my.id/search/label/pejuang
http://indonesiamengglobal.com/2020/10/beasiswa-koica-korea-selatan/

Korea International Cooperation Agency (KOICA, bahasa Korea: 한국 국제 협력단) adalah Badan Pemerintah Korea Selatan yang didirikan untuk memaksimalkan efektivitas bantuan Korea pada negara-negara berkembang. Bantuan itu bisa berupa hibah maupun program kerjasama teknis.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Korea_International_Cooperation_Agency)

Booth KOICA di Bandara Incheon Korea Selatan

Tahapan dari Beasiswa Koica ini diantaranya:

  1. Seleksi Administrasi dan Wawancara dengan KOICA Indonesia
  2. Seleksi Wawancara dengan Universitas yang dituju
  3. Medical Check-up
  4. Pengumuman Hasil Akhir Beasiswa

Related Posts

Beasiswa KOICA | Medical Check-up

Baca chapter sebelumnya dulu ya disini –> Beasiswa KOICA | Seleksi Wawancara dengan Universitas Setelah mendapat pengumuman Lulus wawancara kedua, tahap selanjutnya