Dany

Dany

Perekayasa cupu yang senang berbagi ilmu dan teknologi.

Cara Mencari File di Ubuntu Menggunakan Locate

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas pencarian file di Ubuntu menggunakan “Find“.

Nah, kali ini kita akan membahas pencarian file di Ubuntu menggunakan “Locate”, mencari file dengan menggunakan Terminal akan lebih efektif dalam segi kecepatan dibandingkan dengan menggunakan tool pencarian file menggunakan GUI, karena tidak perlu memuat interface-interface grafis yang akan memakan lebih banyak sumber daya.

Bukan hanya itu, di dalam kondisi tertentu kalian tidak bisa melakukan pencarian file dengan menggunakan GUI, misalnya pada server Linux yang hanya menggunakan command line interface.

Untuk melakukan pencarian, kalian dapat melakukannya dengan memasukkan perintah locate dan diikuti nama file yang ingin kalian cari pada interface Terminal, seperti berikut:

misalkan ingin mencari file php.ini maka formatnya menjadi:

locate php.ini

Pencarian File Tidak Sensitif Huruf Besar dan Kecil Menggunakan Locate 

Umumnya, pencarian file menggunakan ‘Locate” sensitif terhadap case dari keyword. Sehingga, jika kalian melakukan pencarian dengan kata kunci yang huruf kecil semua, kalian hanya bisa menemukan file yang menggunakan huruf kecil semua.

Kalian tidak akan bisa menemukan file yang salah satu karakternya (atau lebih) menggunakan huruf besar, meski filenya memiliki nama yang sama.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa menggunakan parameter “-i” agar locate tidak sensitif terhadap penggunaan huruf besar dan kecil, seperti berikut:

locate -i android.png

Menghitung Jumlah Hasil Pencarian Menggunakan Locate 

Untuk menghitung jumlah hasil pencarian menggunakan Locate, kalian dapat menggunakan parameter “-c” pada “locate”.

locate -c android.png

Referensi Artikel :

  1. Sudoway – Cari File Menggunakan Locate

Related Posts