Dany

Dany

Perekayasa cupu yang senang berbagi ilmu dan teknologi.

Day 2, Disaster Recovery Center Batam

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Kalau kalian sudah membaca postingan sebelumnya yang Day 1, Menuju Batam inilah kelanjutannya..

19 Februari 2019, ini hari kedua saya di Batam,
Sedikit flashback di hari pertama, sore harinya saya dan Mas Ardhiyan pergi ke Lucky Plasa untuk cuci mata handphone yang ada di Batam. Lalu melanjutkan berjalan kaki ke Nagoya Hills yang tidak begitu jauh dari Lucky Plasa. Beranjak dari Nagoya Hills saya langsung menuju BCS Mall untuk mencari buah tangan alias oleh-oleh untuk teman-teman di kantor. Oleh-oleh khas dari Batam adalah Coklat, jadi saya putuskan untuk membeli beberapa coklat untuk di kantor dan di rumah.

Gedung BSC Mall

Hari ini cukup cerah, saya sudah bangun dari sebelum sholat subuh, jadi memang cukup berkualitas tidur saya. Sedikit membuka jendela, saya melihat ada kolam renang hotel yang sepi sekali, saya beranggapan oh mungkin karena hari kerja jadi pengunjung disini tidak ada yang berenang di pagi hari.

Kolam Renang Hotel Harris

Tepat pukul 08.00 pagi, saya dan Mas Ardhiyan turun ke bawah untuk sarapan pagi sebelum menuju Gedung Pusat Teknologi Informasi Batam. Tempat sarapan berada di belakang Lobby, makanan yang di sungguhkan variatif, seperti biasa yang saya ambil pertama adalah telor mata sapi setengah matang dan segelas infused water. Saya sedikit memperhatikan dari kejauhan di luar dari tempat sarapan ada sebuah kolam renang. What? kolam renang disamping tempat sarapan, Yak itulah yang saya pikirkan, mengapa hotel hampir kebanyakan meletakkan kolam renang disamping tempat makan. Apa iya kita makan harus sambil melihat-i orang yang sedang berenang. Dan dipikiran orang berenang pun akan sama, masa iya misal saya sedang berenang dan harus dilihati mereka-mereka yang sedang asyik menikmati hidangan sarapannya. Ya tapi entahlah kita lupakan sejenak kolam renang ini, toh saya juga tidak berenang kan.
Pukul 08.30 saya dan Mas Ardhiyan menuju Gedung Pusat Teknologi Informasi untuk menuntaskan tugas negara. Selama perjalanan saya melawati Gedung BP Batam yang jaraknya tidak begitu jauh dari hotel kami.

Gedung BP Batam

Kegiatan yang dilakukan di Gedung Pusat Teknologi Informasi Batam adalah memasang peralatan UTM ( Unified Threat Management ) Firewall agar dapat VPN antara kantor pusat di Serpong dan Batam. Selain itu, kita dapat melakukan backup data email di Data Center ini. Hampir 4 Jam kami di dalam Data Center yang suhu nya hampir di bawah 10 derajat celcius. Kendala yang dihadapi adalah menunggu respon dari Inter Service Provider atau ISP yang baru ini yaitu Moratel untuk membuka bandwidth akses IX (Internasional). Setiap tahun kami hampir selalu mengganti ISP, sehingga setiap awal tahun juga kami harus mengunjungi site BPPT setiap daerah.

Gedung Pusat Teknologi Informasi BP Batam

 

P.S. *karena di dalam data center itu restricted area, gambar keadaan di dalam tidak ditampilkan ya 😀

Related Posts

Beasiswa KOICA | Medical Check-up

Baca chapter sebelumnya dulu ya disini –> Beasiswa KOICA | Seleksi Wawancara dengan Universitas Setelah mendapat pengumuman Lulus wawancara kedua, tahap selanjutnya