Dany

Dany

Perekayasa cupu yang senang berbagi ilmu dan teknologi.

Diagnosis Masalah Jaringan Internet

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Pernah gak sih, kalian sedang asyik berseluncur di media maya tiba-tiba internet nya mati. Buat kalian yang biasa download lalu putus di tengah jalan, pasti kesal kan. Kuota internet? No, disini bukan membahas kuota internet ya, jikalau memang sudah positif masalah nya dari kuota internet, kalian pasti sudah tahu jawabannya. Yak, BELI dan ISI kembali kuota internet nya. Disini yang akan saya bahas adalah Bagaimana kalian bisa mendeteksi sendiri masalah jaringan internet pada PC/Laptop.

Langkah-langkah bisa diikutin seperti berikut ini ya :

    1. Memastikan terlebih dahulu masalahnya
      • Jika kalian posisinya sedang mengakses sebuah situs lalu tiba-tiba mati, coba deh cek disini https://downforeveryoneorjustme.com/, web ini buat memastikan kalau situs yang hendak kalian baik-baik saja.
    2. Restart semua perangkat dan periksalah
      • Metode ini kadang lebih membantu buat kalian yang kadang putus asa, Yapp, restart semua perangkat yang terhubung seperti PC/Laptop, Hub/Switch, ataupun Modem/Router.
    3. Periksa koneksi fisik
      • Dengan memeriksa koneksi fisik ini akan lebih membantu anda mendeteksi suatu masalah, seperti periksa Kabel Ethernet (LAN), Hub/Switch pada lampu nya menyala normal atau tidak, dan tentu nya periksa NIC (Network Interface Card) pada PC/Laptop anda menyala atau tidak lampu nya.
    4. Periksa alamat IP Address yang kalian gunakan
      • Jika kalian pengguna Windows 10, klik kanan pada Start Menu Windows dan Pilih Network Connections.

      • Di sisi kanan, kalian dapat melihat Change adapter options, klik nama Wi-Fi atau jaringan kabel yang kalian miliki.

       

    • Pilih Properties dan klik ganda Internet Protocol Version 4

Jika kalian memiliki IP Statis, silahkan diisi, tetapi jika kalian tidak tahu, pastikan untuk memilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.

Buka pada Command Prompt dengan mengetik cmd pada start menu.

Lalu ketik ipconfig, cari teks di bawah untuk adapter Ethernet (untuk koneksi kabel) atau LAN Adapter Wireless (untuk koneksi nirkabel).

Jika IPv4 Alamat dimulai dengan x.x.x.x, komputer Anda tidak menerima alamat IP yang valid dari router Anda.

Anda bisa Mengetik dua perintah berikut untuk mengatasi ini:
ipconfig /release
ipconfig /renew

Jika Anda masih memiliki alamat x.x.x.x setelah mengetik perintah di atas dan ipconfig lagi, dan ternyata PC/Laptop Anda masih tidak menerima IP dari router/hub/switch.
Anda bisa mencoba memasukkan PC langsung ke modem dengan kabel Ethernet dan lihat apakah Anda bisa online. Jika ternyata bisa online, maka router/hub/switch anda memiliki masalah.

 

Referensi Artikel : https://support.microsoft.com/id-id/help/167014/dhcp-client-may-fail-to-obtain-a-dhcp-assigned-ip-address

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *