Dany

Dany

Perekayasa cupu yang senang berbagi ilmu dan teknologi.

Minimalis, Resolusi 2019

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Gaya hidup minimalis jika dikutip dari The MinimalistMinimalism is a tool to rid yourself of life’s excess in favor of focusing on what’s important — so you can find happiness, fulfillment, and freedom. Saya sendiri mengamini apa yang disebutkan mereka. Menurut saya, esensi dari gaya hidup minimalis adalah pilah. Iya, bagaimana cara kita memilah mana yang mau kita simpan dan mana yang sudah saatnya disingkirkan karena sudah tidak lagi memiliki nilai dan manfaat terhadap kita. Pemilahan ini tergantung dari pribadi masing-masing. Bisa jadi kamu dan saya berbeda.

Meski tak semua orang bisa dengan cepat mengaplikasikan hal ini, tetapi gaya hidup minimalis layak untuk disimak mengingat banyaknya manfaat yang bisa dirasakan, terutama dalam urusan finansial. Nah bagi Anda yang ingin mengaplikasikan gaya hidup minimalis, maka 5 keuntungan ini akan turut dirasakan. Apa saja?

1. Bantu memprioritaskan pengeluaran

manfaat gaya hidup minimalis bagi finansial

Gaya hidup minimalis mengajarkan seseorang untuk bisa memprioritaskan apa yang sebenarnya mereka butuhkan dalam hidup. Bagi masyarakat Jepang yang menganut hal ini, umumnya mereka hanya memiliki pakaian dalam jumlah tertentu yang memang dibutuhkan. Selain itu gaya hidup ini akan membuat seseorang lebih fokus pada hal yang benar-benar dibutuhkan untuk menjalani hidup. Sehingga pada akhirya Anda tidak memikirkan bujet untuk membeli pakaian secara rutin, membeli aksesoris maupun benda-benda tersier lainnya.

2. Tak membutuhkan lahan luas untuk tempat tinggal

manfaat gaya hidup minimalis bagi finansial

Pemilik gaya hidup minimalis cenderung membeli perabotan yang benar-benar dibutuhkan saja. Mereka tak membutuhkan aksesoris yang bersifat estetika terutama dalam urusan dekorasi rumah. Dengan meminimalisir produk rumah tangga, tentu lahan yang tersedia akan terasa lebih lapang. Hasilnya, saat membutuhkan tempat tinggal para penganut gaya hidup minimalis tidak membutuhkan rumah dalam ukuran besar. Bagi Anda yang masih menyewa apartemen maupun kostan tentu hal ini turut membantu mengurangi bujet sewa tempat tinggal.

Baca juga: Gaya Hidup dari Berbagai Penjuru Dunia yang Menarik untuk Dipraktikkan

3. Alokasi untuk tabungan semakin besar

manfaat gaya hidup minimalis bagi finansial

Mengingat para penganut minimalis tak lagi menghabiskan uang untuk membeli barang-barang yang menurutnya tak penting, alhasil akan ada banyak dana tersisa untuk dialokasikan pada tabungan. Hal ini tentu membuat gol penting dalam hidup Anda semakin cepat terealisasikan.

4. Bantu fokus untuk keluar dari hutang

manfaat gaya hidup minimalis bagi finansial

Gaya hidup minimalis juga akan sangat membantu terutama bagi Anda yang tengah terjerat hutang. Dengan meminimalisir jumah kebutuhan yang dibeli otomatis Anda bisa fokus menyelesaikan hutang dan bisa kembali menjadi orang yang bebas dari kejaran berbagai tagihan.

5. Mendapat pemasukan dari barang-barang yang Anda jual

manfaat gaya hidup minimalis bagi finansial

Seseorang yang secara serius memilih gaya hidup minimalis secara otomatis akan membuang atau menjual barang-barang yang ia miliki sebelumnya. Bagi penganut gaya hidup minimalis mengoleksi suatu benda merupakan hal tidak penting dan hanya membuang-buang waktu. Bahkan penganut minimalis tidak menunjukkan rasa tertarik saat melihat benda yang mungkin bagi banyak orang terlihat menarik dan patut untuk dikoleksi. Bagi Anda yang serius mengikuti gaya hidup ini, tentu hasil keuntungan dari barang yang Anda jual akan menjadi pemasukan tambahan untuk memenuhi gol hidup lainnya.

Referensi Artikel :

Sociolla – Manfaat Gaya Hidup Minimalis Bagi Finansial

Related Posts

40 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *